Proposal pembuatan app


PROPOSAL PRODUK KREATIF
PEMBUATAAN APLIKASI  "Kshop"


Latar belakang 

Sudah banyak perkembangan zaman yang bisa kita lihat di sekitar kita sata ini. salah satunya penggunan Smartphone yang makin di minati dan semakin meningkat setiap tahunya, 
Adanya fitur – fitur social media dan internet yang mudah diakses dan ditawarkan dalam system komunikasi smartphone ini tentunya mempermudah kita dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi dengan mudah.
Oleh karena itu dengan akses yang semakin dimudahkan dengan perkembangan dunia internet ini, tidak sedikit orang yang memanfaatkan nya, salah satunya yaitu melakukan jual beli secara online . 


Rumusan masalah 

  • Bagaimana mengawali kegiatan wirausaha kshop sebagai fasilitas tempat pembelanjaan terpercaya.
  • Bagaimana mempromosikan kshop ke masyarakat.
  • Bagaimana memberikan pengaruh positif kepada masyarakat tentang bisnis ini.

1. Konsep ide 


saya membuat aplikasi kshop ini  karena banyak penipuan online shop yang jual barang – barang serba kpop di instagram. Maka dari itu saya membuat online shop serba kpop untuk para pencipta kpop agar tidak ada penipuan lagi dan menyediakaan aplikasi kshop sebagai tempat pembelian barang kpop terpercaya.

2. Fitur - Fitur

  • Daftar
  • Login 
  • Pemilihaan barang
  • Pembelian barang
  • Chat
  • Tampilan pesanaan / Order.

3. Desain Mockup 

  • Tampilan awal 

  • Daftar 

  • Login 

  • Tampilan awal app

  • Pemilihaan barang / Home 

  • Pembelian barang 

  • Chat 

  • Pemesanaan / Order 

  • Tampilan order berhasil 


4. Arsitektur Teknologi 

ITIL v3 (Information Technology Infrastructure Library v3) (2011), mendifinisikan arsitektur teknologi informasi adalah seluruh aspek meliputi piranti keras, piranti lunak, perangkat jaringan dan fasilitas lainnya yang diperlukan untuk pengembangan, ujicoba, pengaturan dan daya dukung terhadap aplikasi dan layanan teknologi informasi. Seluruh aspek harus  dikelola  ketika  dijalankan  untuk memastikan  elemen-elemen  tersebut  beroperasi  sebagaimana  mestinya dan membentuk satu operasi yang lancar sehingga memenuhi kebutuhan pengguna.

IBM (International Business Machine) mendefinisikan 6 (enam) jenis disiplin arsitektur teknologi informasi sebagai berikut :



  • .    Arsitektur perusahaan (enterprise architecture). Seorang arsitek perusahaan berfokus pada pemetaan kemampuan-kemampuan teknologi informasi dengan kebutuhan-kebutuhan bisnis. Arsitek bertanggung  jawab  terhadap keseluruhan  sistem  intensif  perangkat  lunak perusahaan, termasuk hubungan di antara berbagai aplikasi, berbagi data di antara aplikasi,  integrasi dari aplikasi, dan infrastruktur untuk menjalankan aplikasi tersebut.
  • .    Arsitektur aplikasi (application architecture). Arsitek  aplikasi  berfokus  pada  desain aplikasi  untuk mengotomatisasikan proses  bisnis  dan menyediakan  fungsionalitas  yang  membantu pengguna untuk melakukan  pekerjaan  bisnis.  Tanggung jawab  arsitek meliputi merancang aplikasi  untuk memenuhi  kebutuhan fungsional  pengguna  dan keperluan  kualitas  pelayanan yang meliputi  performansi  (performance), ketersediaan(availability), skalabilitas (scalability), keamanan (security), dan integritas  (integrity).  Tanggung jawab  juga  meliputi  mengevaluasi  dan memilih  perangkat  lunak dan  perangkat  keras  yang dibutuhkan  untuk menjalankan aplikasi, termasuk perangkat dan metodologi           untuk mengembangkan aplikasi.
  • .       Arsitektur informasi (information architecture). Arsitek informasi  berfokus  pada  data  yang digunakan berbagai  aplikasi, termasuk struktur,  integritas,  keamanan,  dan  kemampuan akses dari data. Tanggung jawab  arsitek meliputi merancang,  membangun,  menguji, menginstalasi,  menjalankan,  dan  memelihara  sistem  untuk mengelola  data tersebut.  Desain  dari  sistem  tersebut  harus  memperhitungkan  keperluan  data dari sisi sumber, lokasi, integritas, ketersediaan, performansi, dan usia data.
  • .    Arsitektur infrastruktur (infrastructure architecture). Arsitek infrastruktur  berfokus  pada  rancangan dari  perangkat  keras  dan perangkat  lunak server yang meliputi  komputer server,  media  penyimpanan, workstation, middleware,  perangkat  lunak non  aplikasi,  jaringan,  serta fasilitas-fasilitas fisik yang mendukung aplikasi dan proses-proses bisnis yang dibutuhkan perusahaan. Tanggung jawab arsitek meliputi pengevaluasian dan pemilihan komponen-komponen tersebut, memodelkan,  mensimulasikan, dan menguji  untuk menvalidasi  rancangan  dan  produk yang dipilih;  serta performansi, ketersediaan, dan skalabilitas infrastruktur yang dihasilkan.
  • .    Arsitektur integrasi (integration architecture). Arsitek integrasi berfokus pada rancangan solusi yang memungkinkan aplikasi saat ini, penawaran paket perangkat lunak, jaringan, dan sistem-sistem bekerja bersama  di  dalam  maupun di  antara  organisasi.  Solusi  tersebut  boleh menggunakan  teknologi,  vendor,  platform,  maupun  gaya  pemrograman  yang berbeda.
  • .    Arsitektur operasi (operation architecture). Arsitek operasi berfokus pada rancangan solusi untuk mengelola infrastruktur dan  aplikasi  yang  digunakan  perusahaan.  Tanggung jawab  arsitek meliputi pendefinisian rencana, strategi, dan arsitektur untuk instalasi, operasi, migrasi, dan tata kelola dari sistem informasi yang kompleks.







 5. Time Schedule

Tugas
Durasi Pengerjaan
Konsep ide aplikasi
1 Hari
Mock Up Desain
2 Hari
Database
3 Hari
Penyempurnaan Aplikasi
12 Hari


6. Team Engineer 

Api Designer
Seli mulyani
Database Engineer
Seli mulyani
Backend Developer
Ririn prasasti
Frontend Developer
Ririn prasasti
Mobile Developer
Seli mulyani


7. Contact Person

-  Seli mulyani 
   0838-9007-87900
   sellyjune@gmail.com

- Ririn prasasti 
  0896-5392-5976
  r_prasati@gmail.com






8. Penutup 

Demikian yang dapat saya paparkan mengenai materi dalam makalah ini dan tentunya masih banyak kekurangan karena terbatasnya pengetahuan. Semoga makalah ini beguna. Terima kasih.  












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh One to One, One to Many, Many to Many

Membuat Game menggunakan Scratch

5 Tips Kuliah Online Agar Tetap Efektif