Proposal pembuatan app
PROPOSAL PRODUK KREATIF
PEMBUATAAN APLIKASI "Kshop"
Latar belakang
Sudah banyak perkembangan zaman yang bisa
kita lihat di sekitar kita sata ini. salah satunya penggunan Smartphone yang
makin di minati dan semakin meningkat setiap tahunya,
Adanya fitur – fitur
social media dan internet yang mudah diakses dan ditawarkan dalam system
komunikasi smartphone ini tentunya mempermudah kita dalam berkomunikasi dan
memperoleh informasi dengan mudah.
Oleh karena itu dengan akses yang semakin
dimudahkan dengan perkembangan dunia internet ini, tidak sedikit orang yang
memanfaatkan nya, salah satunya yaitu melakukan jual beli secara online .
Rumusan masalah
- Bagaimana mengawali kegiatan wirausaha kshop sebagai fasilitas tempat pembelanjaan terpercaya.
- Bagaimana mempromosikan kshop ke masyarakat.
- Bagaimana memberikan pengaruh positif kepada masyarakat tentang bisnis ini.
1. Konsep ide
saya membuat aplikasi kshop ini karena banyak penipuan online shop yang jual
barang – barang serba kpop di instagram. Maka dari itu saya membuat online shop
serba kpop untuk para pencipta kpop agar tidak ada penipuan lagi dan
menyediakaan aplikasi kshop sebagai tempat pembelian barang kpop terpercaya.
2. Fitur - Fitur
- Daftar
- Login
- Pemilihaan barang
- Pembelian barang
- Chat
- Tampilan pesanaan / Order.
3. Desain Mockup
- Tampilan awal
- Daftar
- Login
- Tampilan awal app
- Pemilihaan barang / Home
- Pembelian barang
- Chat
- Pemesanaan / Order
- Tampilan order berhasil
4. Arsitektur Teknologi
ITIL v3 (Information
Technology Infrastructure Library v3) (2011),
mendifinisikan arsitektur teknologi informasi adalah seluruh aspek meliputi
piranti keras, piranti lunak, perangkat jaringan dan fasilitas lainnya yang
diperlukan untuk pengembangan, ujicoba, pengaturan dan daya dukung terhadap
aplikasi dan layanan teknologi informasi. Seluruh aspek harus
dikelola ketika dijalankan untuk memastikan
elemen-elemen tersebut beroperasi sebagaimana mestinya
dan membentuk satu operasi yang lancar sehingga memenuhi kebutuhan pengguna.
IBM (International Business Machine) mendefinisikan 6 (enam) jenis disiplin arsitektur teknologi
informasi sebagai berikut :
- . Arsitektur perusahaan (enterprise architecture). Seorang arsitek perusahaan berfokus pada pemetaan kemampuan-kemampuan teknologi informasi dengan kebutuhan-kebutuhan bisnis. Arsitek bertanggung jawab terhadap keseluruhan sistem intensif perangkat lunak perusahaan, termasuk hubungan di antara berbagai aplikasi, berbagi data di antara aplikasi, integrasi dari aplikasi, dan infrastruktur untuk menjalankan aplikasi tersebut.
- . Arsitektur aplikasi (application architecture). Arsitek aplikasi berfokus pada desain aplikasi untuk mengotomatisasikan proses bisnis dan menyediakan fungsionalitas yang membantu pengguna untuk melakukan pekerjaan bisnis. Tanggung jawab arsitek meliputi merancang aplikasi untuk memenuhi kebutuhan fungsional pengguna dan keperluan kualitas pelayanan yang meliputi performansi (performance), ketersediaan(availability), skalabilitas (scalability), keamanan (security), dan integritas (integrity). Tanggung jawab juga meliputi mengevaluasi dan memilih perangkat lunak dan perangkat keras yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi, termasuk perangkat dan metodologi untuk mengembangkan aplikasi.
- . Arsitektur informasi (information architecture). Arsitek informasi berfokus pada data yang digunakan berbagai aplikasi, termasuk struktur, integritas, keamanan, dan kemampuan akses dari data. Tanggung jawab arsitek meliputi merancang, membangun, menguji, menginstalasi, menjalankan, dan memelihara sistem untuk mengelola data tersebut. Desain dari sistem tersebut harus memperhitungkan keperluan data dari sisi sumber, lokasi, integritas, ketersediaan, performansi, dan usia data.
- . Arsitektur infrastruktur (infrastructure architecture). Arsitek infrastruktur berfokus pada rancangan dari perangkat keras dan perangkat lunak server yang meliputi komputer server, media penyimpanan, workstation, middleware, perangkat lunak non aplikasi, jaringan, serta fasilitas-fasilitas fisik yang mendukung aplikasi dan proses-proses bisnis yang dibutuhkan perusahaan. Tanggung jawab arsitek meliputi pengevaluasian dan pemilihan komponen-komponen tersebut, memodelkan, mensimulasikan, dan menguji untuk menvalidasi rancangan dan produk yang dipilih; serta performansi, ketersediaan, dan skalabilitas infrastruktur yang dihasilkan.
- . Arsitektur integrasi (integration architecture). Arsitek integrasi berfokus pada rancangan solusi yang memungkinkan aplikasi saat ini, penawaran paket perangkat lunak, jaringan, dan sistem-sistem bekerja bersama di dalam maupun di antara organisasi. Solusi tersebut boleh menggunakan teknologi, vendor, platform, maupun gaya pemrograman yang berbeda.
- . Arsitektur operasi (operation architecture). Arsitek operasi berfokus pada rancangan solusi untuk mengelola infrastruktur dan aplikasi yang digunakan perusahaan. Tanggung jawab arsitek meliputi pendefinisian rencana, strategi, dan arsitektur untuk instalasi, operasi, migrasi, dan tata kelola dari sistem informasi yang kompleks.
Tugas
|
Durasi
Pengerjaan
|
Konsep ide
aplikasi
|
1 Hari
|
Mock Up
Desain
|
2 Hari
|
Database
|
3 Hari
|
Penyempurnaan
Aplikasi
|
12 Hari
|
6. Team Engineer
Api Designer
|
Seli mulyani
|
Database
Engineer
|
Seli mulyani
|
Backend
Developer
|
Ririn prasasti
|
Frontend
Developer
|
Ririn
prasasti
|
Mobile
Developer
|
Seli mulyani
|
- Seli mulyani
0838-9007-87900
sellyjune@gmail.com
- Ririn prasasti
0896-5392-5976
r_prasati@gmail.com
8. Penutup
Demikian yang dapat saya paparkan mengenai materi dalam makalah ini dan tentunya masih banyak kekurangan karena terbatasnya pengetahuan. Semoga makalah ini beguna. Terima kasih.
Komentar
Posting Komentar